Selasa, 14 Juni 2016

Rekonstruksi Organisasi Rohis Firman



1)      Latar Belakang
Rohis atau kerohanian Islam adalah organisasi Islam yang mengurusi kegiatan keagamaan yang memiliki serangkaian program kerja berasaskan Islami. Rohis Firman atau kepanjangannya yaitu kerohanian islam forum ikatan remaja masjid An-Nur adalah organisasi islam yang mengurusi semua kegiatan islami di SMA Negeri 3 Boyolali, melalui program kerjanya yang ditangani oleh beberapa divisi khusus.
Pada masa awal pembentukannya, rohis hanya menjadi ekstrakurikuler biasa dimana serangkaian program kerjanya masih banyak yang bersangkutan dengan program OSIS sekbid satu. Saat itu, muncul gagasan guna membentuk sebuah organisasi Islam yang berdiri sendiri secara resmi, sehingga di bentuklah organisasi rohis. Jumlah anggota yang sedikit dan terbatasnya sarana prasarana dalam menyebarkan dakwah, membuat kegiatan yang dilakukan pada masa awal pembentukannya hanya kegiatan-kegiatan tertentu, tidak seberagam zaman sekarang.
Setelah mengalami masa-masa sulit, rohis akhirnya dapat membuktikan diri menjadi organisasi yang layak diperhitungkan melalui serangkaian kegiatan keagamaannya yang bersifat membangun karakter. Ukhuwah (persatuan) antar anggota sangat erat, membuat organisasi ini lebih berkembang. Pada tahun-tahun berikutnya, rohis menjadi lebih maju.
Akan tetapi seiring dengan perputaran waktu, persatuan antar anggota sedikit demi sedikit mulai luntur. Berkurangnya generasi yang memiliki wawasan keilmuan Islam dan kurangnya kompetensi organisasi mengakibatkan rohis tidak lagi berjaya. Organisasi hanya sebatas legalitas, dimana setiap kegiatannya sebatas melaksanakan program kerja tanpa makna. Kegiatan dalam program kerja juga banyak yang dikurangi dengan alasan ‘sulit diwujudkan’,’terlalu makan banyak biaya’, atau ‘kurang efektif’, tanpa melihat bagaimana efeknya bagi para siswa. Semangat dalam berdakwah sedikit demi sedikit mulai luntur, ditambah lagi muncul benih-benih konflik antar anggota yang tak jarang mengganggu kinerja organisasi. Jika hal ini terus dibiarkan, lama kelamaan organisasi menjadi sebatas nama saja hingga akhirnya tiba masa kehancurannya.
            Oleh sebab itu, artikel ini hadir guna ‘Merekonstruksi Organisasi Rohis Firman’ guna mencegah masa kehancuran dalam organisasi ini. Hancurnya rohis firman dapat memasifkan dakwah Islamiyah di SMA Negeri 3 Boyolali, sehingga pemahaman mengenai Agama Islam menjadi berkurang di kalangan siswa. Bila hal itu terjadi, imbasnya akan melahirkan generasi yang tidak lagi berakhlakul karimah, mengingat derasnya arus globalisasi yang lebih banyak cenderung merusak moral bangsa. Untuk itu, rekonstruksi organisasi ini begitu penting untuk dilakukan, demi meneruskan dakwah sehingga dapat membentuk karakter insan yang lebih baik.
            Berikut perbandingan keadaan masa organisasi dulu dan sekarang:
a)      Keadaan Organisasi pada Masa Dahulu
·         Persatuan anggota kuat, dan semangat dalam berorganisasi.
·         Banyak diadakan kegiatan yang bersifat mendidik dan efisien.
·         Efektifnya motivasi dalam berorganisasi, baik dari sesama anggota maupun kakak senior.
·         Adanya dukungan dari berbagai pihak yang membangun organisasi.
·         AD/ART berfungsi optimal
b)      Keadaan Organisasi pada Masa Sekarang
·         Lunturnya persatuan antar anggota, dan kurangnya semangat untuk menjadikan organisasi lebih maju.
·         Berkurangnya kegiatan yang bermanfaat.
·         Kurangnya motivasi membangun organisasi, serta minimnya dukungan organisasi dari berbagai pihak.
·         AD/ART tidak berfungsi lagi.

Selanjutnya, dapat dilihat dalam postingan:
Sejarah Rohis Firman dari Masa ke Masa 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar